Memulai sebuah usaha/bisnis memerlukan satu keberanian dan tekad yang kuat, karena jika melaksanakan sebuah usaha dengan setengah hati maka hasilnya tidak akan bisa maksimal bahkan mungkin bukan keberhasilan yang kita dapatkan namun kegagalan yang kita terima. Bisnis yang akan kita jalankan apapun bentuk dan bidangnya haruslah kita konsep dengan benar dan sistematis. Sehingga ketika akan melaksanakan kita sudah memiliki panduan yang baku. Dengan demikian maka akan lebih mudah dalam memulai, melaksanakan dan meng-evaluasi. Setidaknya ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu untuk memulai Bisnis.Sebenarnya hanya ada tiga hal yang harus kita lakukan dalam melaksanakan bisnis atau usaha, pertama membuat konsep dan rencana, kedua melaksanakan apa yang telah kita konsep dan rencanakan tersebut dengan baik, ketiga melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut secara kontinue.

Pertama merencanakan dan membuat konsep bisnis, maka hal yang harus kita lakukan adalah :

  1. Menentukan bisnis apa yang harus kita lakukan;
  2. Survey lapangan terhadap bisnis yang akan kita lakukan;
  3. Menentukan dan melihat pangsa pasar;
  4. Pemilihan lokasi dan waktu memulai
  5. Merancang konsep bisnis lengkap dengan manajemennya.

Kedua, melaksanakan bisnis, dalam melaksanakan bisnis ini kita terkadang tidak atau belum menerapkan sistem manajemen yang baik, dalam melaksanakan kegiatan bisnis ini tentunya setelah perencanaan dan konsep-konsep bisnis kita tetapkan, maka hal yang harus kita lakukan adalah :

  1. Melakukan setiap kegiatan bisnis dengan kesungguhan dan tidak setengah hati;
  2. Tidak boleh keluar dari jalur dan konsep yang telah kita tetapkan;
  3. Jangan menetapkan keuntungan usaha secara financial dalam waktu 2 hingga 3 tahun pertama;
  4. Sadari bahwa bisnis kita beresiko kegagalan sehingga kita ada perencanaan awal ketika bisnis yang kita laksanakan mengalami kemunduran;
  5. Tidak mudah menyerah dalam setiap langkah bisnis kita.

Ketiga, melaksanakan evaluasi hal ini penting karena akan dapat kita ketahui dimana letak kekurangan dan kebelihan dari bisnis yang kita lakukan, sehingga dengan cepat dapat diambil langkah-langkah prefentive jika terjadi sesuatu diluar konsep awal yang telah kita tetapkan. Dan yang perlu dievaluasi adalah :

  1. Pencapaian hasil, tentunya kita harus pasang target untuk bisnis kita sehingga jika target tidak terpenuhi akan kita ketahui dimana letak kekurangan dari pelaksanaan bisnis kita;
  2. Kebiasaaan kerja/rutinitas, kita harus dapat menentukan aktifitas kegiatan kita dan akan lebih baik jika terjadual dengan rapi, karena kebiasaan kerja akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan; ambil contoh kita harus memiliki jam kerja sehingga pelanggan atau client akan mudah menyesuaikan dengan apa yang kita jadualkan.
  3. Manajemen, manajemen adalah hal terpenting dalam usaha/bisnis mulai dari sumber daya manusia hingga kemampuan keuangan. Jika kita memanage sebuah usaha tidak baik maka bisnis kita juga akan berjalan tidak baik. Dan tentunya harus kita evaluasi sejauhmana sumber daya yang kita miliki dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap kegiatan bisnis kita.
  4. Selalu bandingkan antara konsep, pelaksanaan dan hasil kerja, jika tidak terjadi keselarasan dan kesamaan maka tentu ada hal yang salah diantaranya, carikan sumber permasalahannya dan temukan solusinya.

Dan akhirnya mari kita mencoba untuk bisa memulai sebuah kegiatan bisnis sesuai dengan karakter dan pemikiran kita, tidak ada yang sulit jika kita berani mencoba dan melaksanakannya dengan baik dengan konsep yang matang dan dengan kerja keras dan selalu diimbangi dengan doa dan rasa syukur. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.