Mouse Optik Atau Scroll Yang Lebih Aman.. ??

Mouse, yang kita bahan ini bukan tikus salah satu jenis binatang pengerat, akan tetapi mouse disini adalah satu satu hardware bagian dari komputer. Karena komputer bukan satu hal yang asing lagi bagi kita, maka sudah barang tentu mouse juga bukan merupakan barang yang langka lagi, karena komputer sekarang ini pasti dilengkapi dengan mouse. Dengan mouse setidaknya penggunaan komputer dalam mendukung aktifitas kerja akan lebih efektif dan efisien, tapi sadarkah kita jika penggunaan mouse berbahaya bagi jaringan syaraf di tangan kita.

Hanya saja mouse yang seperti apa dan bagaimana yang membahayakan jaringan syaraf kita, yang kita ketahui selama ini ada dua jenis mouse scroll dan optik. Dan berdasarkan sebuah penelitian tiga tahun setelah peluncuran mouse optical pertama oleh pihak microsoft, diperoleh kenyataan dengan ditemukannya beberapa kasus tentang kelainan pada tangan akibat radiasi yang dipancarkan oleh mouse optic. Kelainan tersebut antara lain, tangan kram serta kaku.

Hal ini bisa terjadi karena mouse optic memancarkan gelombang elektorimagnetik dimana jauh lebih besar dibandingkan dengan frekuensi handphone. Akan tetapi tinggi rendahnya frekuensi tersebut dipengaruhi pula oleh kualitas barangnya. Radiasi itu sebenarnya ditentukan pula seberapa bagus kualitas Mouse optic. Biasanya mouse optik dilengkapi dengan pelindung (shield), tapi pelindung-pun belum merupakan sebuah jaminan kita terbebas dari radiasi.

Untuk itu solusi aman dan nyaman adalah :

1. Pegang mouse optik jika memang benar-benar diperlukan saja;

2. Manfaatkan hot key (ctrl+c; ctrl+v;ctr;+x; ctrl+z; ctrl+i;ctrl+b; ctrl+u…. dan sebagainya, jemari kita-pun akan berolah raga karenanya;

3. Pergunakankan mouse scroll (mouse yang biasa).

Dari uraian tersebut ternyata rasa nyaman dalam bekerja belum tentu juga mendapatkan rasa aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *