Pondok Cerdas “Katumbiri”, Bikin Iri Euyyy ..

Katumbiri 7Satu sosok yang menginspirasi bagi saya; apa yang telah beliau lakukan saat ini sebuah langkah yang sangat luar biasa, tanpa adanya sebuah keikhlasan dan ketulusan dalam berbuat tidak akan mungkin menjadi kenyataan; keikhlasan dan ketulusan beliau inilah yang menjadikan “Aku Iri Padamu“.

Ingin rasanya berpelukan mesra untuk menumpahkan kerinduan, ah .. hingga kini masih menjadi sebuah mimpi, jangankan berpelukan berjabat tangan dan bertemu muka saja belum pernah,  namun meski selama ini kami berkomunikasi lewat kecanggihan teknologi, tidak mengurangi upaya untuk terus bersilaturahmi, saya pun mengenal beliau hanya lewat media sosial; namun perkenalan ini tidak lah hanya kenal secara maya, karena apa yang terjadi adalah sebuah kenyataan, dan tentunya akan menjadi sebuah bagian dari perjalanan hidup saya; perkenalan dalam sebuah komunitas orang – orang kritis terhadap produk – produk di negeri ini pada awal tahun 2000-an, ditutupnya situs tempat kami berekspresi menjadikan kami harus bergeser pada metode lain dalam berekspresi.

M DarmawanNamun jalinan komunikasi dan persahabatan tidak dapat hilang begitu saja, walau hanya sesekali saling sapa lewat telepon, itu sudah membuat saya makin merasa iri tentang apa yang telah mampu beliau lakukan saat ini; di kehidupan saya hingga saat ini masih berkutat dengan diri sendiri, belum mampu mewujudkan mimpi untuk bisa berbuat dan melakukan apa yang beliau lakukan, selamat sahabat telah engkau temukan “damai di duniamu”, telah engkau dapatkan nikmat hidup yang luar biasa, dengan sebuah ketenangan dalam menjalani kehidupan, in sha allah ladang-ladang pahala untuk-mu akan menjadikan hidup makin berarti;

Pondok Cerdas “Katumbiri“, yang beliau rintis sebagai salah satu upaya untuk memberikan ruang bermain dan belajar dan juga dalam usaha memenuhi dahaga tentang ilmu pengetahuan bagi anak-anak dan beberapa anak yatim pada sebuah daerah kecil di Pengalengan Jawa Barat, tentunya membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa, dan inilah yang membuat saya iri, apakah saya mampu dan bisa mencontoh apa yang telah beliau lakukan. in sha allah jika Allah berkehendak. Setidaknya dari lahan yang beliau miliki tidak sekedar untuk bisa memberikan manfaat bagi kehidupan duniawi, namun telah menjadikan ladang-ladang pahala bagi beliau dan keluarga.

    Katumbiri 1Katumbiri 5 Katumbiri 3Katumbiri 2

Katumbiri 4

Dan uniknya dari Pondok Cerdas “Katumbiri” ini anak-anak tidak sekedar untuk beristirahat dan bermain, karena mereka belajar untuk bertanggungjawab terhadap kehidupan, belajar beragam ilmu dan pengetahuan dari perpustakaan yang terus dikembangkan oleh Kang Muhammad Darmanwan, namun saya lebih akrab memanggil beliau Kang Jing_hsu, heheh; akhirnya teriring do’ a dan harapan, semoga Kang Jing_hsu selalu diberikan kesehatan dan limpahan rejeki sehingga akan selalu bisa membimbing dan mendampingi anak-anak di Pondok Cerdas “Katumbiri”, mereka adalah mutiara, mereka adalah benih-benih asa untuk masa depan bangsa ini, maaf kang, saya telah mencuri beberapa foto di medsos milik akang dan saya tampilkan disini.   Jargon “bahagia itu sederhana” bagi saya letaknya ada di sini. Di saat melihat mereka tengah asyik membaca buku...(Pondok Cerdas “Katumbiri” – Pangalengan – Jawa Barat).

4 comments for “Pondok Cerdas “Katumbiri”, Bikin Iri Euyyy ..

  1. 5 May 2016 at 14:39

    Bagaimana caranya mendirikan lembaga seperti itu,
    legalitas apa saja yang diperlukan ya?

    thanks

    • admin
      6 May 2016 at 09:32

      Jika ingin ada legalitas-nya mungkin masuk ke Pendidikan Luar Sekolah, ke diknas setempat

  2. m. darmawan
    28 August 2015 at 10:39

    Hatur nuhun Kang Yudhis untuk apresiasinya dalam bentuk tulisan. Doakan saja semoga Pondok Cerdas Katumbiri bisa lebih maju.
    Salam sejahtera buat keluarganya ya, Kang …

    • admin
      31 August 2015 at 13:04

      amin, semoga Pondok Cerdas “Katumbiri” makin jaya, dan smoga ini menjadi ladang pahala dan berkah untuk akang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *