Pertama selamat kepada Belanda dan para fans serta pendukungnya, karena semalam telah mampu mengalahkan berhasil untuk melajut ke-babak berikutnya dalam ajang Piala Dunia 2010, sehingga Belanda akhirnya yang lolos ke semifinal. Pertandingan yang mempertemukan Belanda VS Brazil dilaksanakan di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth berjalan cukup menarik, walau di babak pertama Belanda se-akan sulit untuk bisa menggedor pertahanan Brazil, justeru kebobolan oleh sontekan Robinho yang lepas dari kawalan pemain-pemain belakang Team Orange karena memang terlihat kurang solid di babak pertaman. Hingga peluit babak pertama usia skor 1 – 0 untuk Brazil tidak berubah.

Berawal dari umpan silang dari sektor kanan, Julio Cesar yang berusaha meninju bola tidak mengenai sasaran. Melo yang di saat bersamaan ingin membuang bola justru mengarahkan si kulit bundar ke dalam gawang sendiri. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1. Gol itu melecut motivasi pemain Belanda. Sneijder sukses merobek jala Cesar melalui sundulan kepala setelah bola liar dari Kuyt diselesaikan dengan baik pada menit ke-67.

Upaya Brasil untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah harus bermain dengan sepuluh orang di menit ke-73, karena Melo diganjar kartu merah akibat perbuatan tidak terpujinya menginjak Arjen Robben. Bahkan Belanda Nyaris dua kali menjebol gawang Brasil di sepuluh menit terakhir lewat Kuyt dan Sneijder. Namun peluang ini terbuang percuma. Hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Belanda tetap bertahan.

Dari pertandingan semalam begitu terlihat bahwa Belanda terlihat lebih siap dan dewasa dalam menghadapi Brazil dan juga terlihat mentalitas pemain jauh lebih bagus daripada Brazil, dan mungkin salah satu faktor keberhasilan Belanda semalam adalah kedewasaan dan mentalitas memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap keberhasilan Belanda dalam mengalahkan Brazil, karena jika dilihat dari kualitas pemain kedua team bisa dianggap berimbang, sebenarnya Brazil lebih solid di lini belakang, namun Brazil tidak mampu memanfaatkan sisi kelemahan lini belakang dari Belanda, ekspresi pemain dan emosi pemain begitu terlihat Brazil lebih meledak-ledak dibandingkan dengan Belanda. Karena Belanda terlihat lebih tenang, hikmah yang dapat diambil dari pertandingan semalam adalah, kedewasaan dalam mengendalikan diri dan emosi serta mental yang mampu kita kendalikan dengan baik akan mampu mempengaruhi kita dalam bertindak, berbuat dan melakukan tindakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.