Mahalnya Harga Diri Kita

Setiap pribadi manusia itu melekat sebuah “harga diri”, dan setiap insan memiliki hak dan kewajiban yang sama dihadapan Sang Pencipta, dan pada setiap manusia secara naluriah akan selalu berharap untuk bisa dihargai dan dihormati oleh orang lain. Namun hal ini tentunya tidaklah mudah, karena sebenarnya harga diri kita tidak akan tergantung bagaimana orang lain tersebut menghargai kita, akan tetapi bagaimana kita mampu menghargai orang lain.

Karena harga diri seseorang tergantung bagaimana sikap dan perilaku kita terhadap orang lain, saat kita belum mampu menghargai dan menghormati orang lain, maka harga diri kitapun setali tiga uang dengan apa yang telah kita lakukan pada orang lain. Maka hargailah orang lain, agar kita juga dihargai oleh orang lain.

Harga diri adalah adalah pandangan keseluruhan dari individu tentang dirinya sendiri. Penghargaan diri juga kadang dinamakan martabat diri atau gambaran diri. (sumber), secara sederhana mari kita coba untuk menjadikan harga diri kita begitu mahal dengan :

  1. Hargailah orang lain, ini hal yang paling sulit bagaimana dan seperti apa menghargai orang lain, karena terkadang kita bisa memiliki sedikit kelebihan saja sudah berlaku sombong dan meremehkan orang lain, hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat adalah bagaimana perilaku orang yang merasa kaya harta dalam berperilaku terhadap yang miskin harta. Padahal terkadang dibalik kemiskinan itu terdapat kekayaan yang luar biasa dalam hal yang lain. Karena Allah menciptakan setiap makhluk itu pasti ada kelebihannya.
  2. Bersikap santun terhadap sesama, sekedar bilang “tolong”, “terima kasih”, dengan sebuah sikap yang rendah hati sudah akan memberikan nilai tersendiri terhadap pribadi kita.
  3. Menghormati orang lain, menghormati orang lain itu tidak memandang jabatan, tidak melihat kasta dan tidak mengukur tinggi rendah usia, kekayaan dan lain sebagainya, karena nilai setiap manusia itu sama yang membedakan adalah perilakunya. Maka perilakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan oleh orang lain.
  4. Sensitif pada Perasaan Orang Lain, Adakalanya pembicaraan atau perbuatan anda dapat menyinggung perasaan orang lain meskipun anda tidak bermaksud demikian. Berlaku sensitif terhadap perasan orang lain menghindarkan anda untuk membicarakan atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan bagi orang lain.

Cukup dengan empat hal diatas sebagai dasar dan landasan dalam kehidupan kita sehari-hari, maka nilai kita sebagai manusia akan begitu mahal, harga diri kita sebagai manusia akan terus meningkat sejalan dengan apa yang mampu kita lakukan dan perbuat.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *