Dengan memiliki sebuah kesadaran bahwa kita adalah sebuah makhluk yang memiliki banyak kekurangan maka kita akan selalu berusaha untuk menutupi kekurangan-kekurangan itu dengan mengubah kekurangan itu menjadi sebuah kelebihan, dan jika tidak mampu maka kita cari kelebihan yang ada pada diri kita untuk kemudian kita kelola dan kembangkan potensi itu untuk menggapai sebuah kesuksesan dalam hidup, karena Allah AWT menciptakan manusia lengkap dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang mengandung maksud diantara manusia itu untuk saling melengkapi satu sama lain yang akhirnya tercipta suatu hubungan dan silaturahim antara manusia di muka bumi ini. Namun terkadang egoisme dan idealisme pribadi yang membungkus sebuah kesadaran bahwa kita adalah manusia yang penuh kekurangan, manusia yang tidak bisa sempurna dan manusia yang selalu khilaf dalam tindakan dan perbuatan.† Egoisme dan Idealisme itu telah menutup mata hati kita untuk bisa menyadari dan mengakui bahwa kita adalah manusia yang banyak kekurangannya.

Jika kita rasakan banyak orang yang begitu menyukai dan menghargai kita karena kelebihan yang kita miliki adalah sebuah kewajaran.† Dan ketika kita menemukan dan mendapati bahwa seseorang begitu menyukai dan menghargai kita karena kekurangan yang ada pada diri kita alangkah indah dan berharganya kehidupan ini. Namun hal tersebut akan begitu sulit untuk kita dapatkan. MENGAPA..??? karena sebagian orang masih beranggapan bahwa kekurangan adalah sebuah MUSIBAH, kekurangan adalah MELAPETAKA padahal dibalik kekurangan yang ada tersimpan dan tersembunyi kelebihan yang begitu luar biasa. Ada beberapa contoh orang-orang yang memiliki kekurangan namun ternyata mampu berprestasi dan memiliki pengaruh yang luar biasa, karena mereka mampu mengurai kekurangan itu menjadi sebuah Anugrah dan kelebihan yang luar biasa.

  1. Mark Inglis, mengalami kecelakaan saat pendakian gunung, mengakibatkan kedua kakinya harus diamputasi. Tetapi setelah kejadian itu, ia mendaki gunung Everest Ė gunung terganas di dunia.
  2. Hellen Keller, pada usia 19 bulan tiba-tiba jatuh sakit dan kemudian kehilangan indera pendengaran dan penglihatannya, dimana saat itu ia sedang aktif-aktifnya belajar berbicara sebagaimana balita seusianya. Ia akhirnya menjadi pembicara dan motivator yang terkenal di dunia dan menjadi pengacara untuk banyak kasus-kasus sosial.
  3. Wilma Rudolph, semenjak kecil menderita karena campak, cacar air, gondok, radang paru-paru dan bahkan polio. Akibat polio, kakinya menjadi sangat lemah dan bentuknya berubah. Dokter mengatakan bahwa ia tidak akan pernah bisa berjalan lagi. Wilma Rudolph kemudian tercatat sebagai peraih 3 medali emas olimpiade 1960 dalam perlombaan lari.
  4. Ringo Starr, pemain drum grup musik the Beatle. Ia berasal dari keluarga yang sangat miskin. Hidup masa kecilnya selalu ditemani dengan penyakit dan menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit.

Ke-empat orang diatas hanya sebagian kecil dari gambaran orang-orang yang ada kekurangan akan tetapi mampu bangkit dan menunjukkan pada dunia bahwa kekurangan yang ada pada dirinya bukan sebuah hambatan untuk terus berjuang dan berkarya demi kemajuan dan keberhasilan diri kita. Lalu bagaimanakah kita bisa menyikapi dan menjadi lebih kuat menghadapi kehidupan dengan segala keterbatasan dan segala kekurangan yang ada pada diri kita sebagai manusia.

  1. Sadar Diri, hal terpenting adalah kita harus mampu dan mau menyadari bahwa kita memiliki banyak kekurangan dan sedikit kelebihan, dengan demikian kita bisa menghargai orang lain tanpa memandang orang itu dari strata sosial, tingkat pendidikan dan kemampuan diri-nya, akan tetapi di landasi rasa sosial dan jiwa kemanusiaan.
  2. Selalu Bersyukur (Berdoa), dengan mensyukuri apa yang telah kita raih dan kita nikmati adalah sebagai sebuah ungkapan terima kasih kepada Sang Pencipta;
  3. Menggali Potensi Diri, kita harus berusaha dan mampu memunculkan potensi yang ada pada diri kita dan harus berusaha untuk mengembangkan potensi itu;
  4. Pupuk Rasa Percaya Diri, jauhkan rasa minder dan rendah diri yang ada pada diri kita, kepercayaan diri sangat kita perlukan jika kita ingin sukses dan berhasil.
  5. Menghargai Orang Lain, dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya sehingga kita-pun akan dihargai dan dicintai orang lain dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri kita;
  6. Membuka Diri, kita harus selalu belajar dan berusaha untuk membuka diri bagi orang lain, dengan demikian kita akan selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran dari orang lain demi kemajuan dan perkembangan kita sendiri.

Dengan demikian kita harus mampu menerima dan meyakini bahwa kekurangan kita adalah sebuah anugrah yang begitu indah, karena dengan kekurangan itu kita akan terus dan selalu berusaha untuk berkembang agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Semoga kita selalu bisa menjadikan kekurangan itu sebagai motivasi untuk terus menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri kita , semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan terima kasih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.