Tips Sederhana Mengelola Keuangan Agar Bisnis Sukses …??

Kegagalan adalah sebuah hal yang wajar dalam mencapai suatu keinginan hidup kita, namun kegagalan itu tentunya dapat kita hindari jika kita mampu mengelola bisnis tersebut dengan baik, karena tidak mungkin kita melaksanakan usaha berharap sebuah kegagalan, yang pasti kita selalu mengupayakan untuk mencapai sebuah keberhasilan. Untuk dapat berhasil dalam berbisnis harus ada sebuah kerja keras dan doa dalam melaksanakannya, namun kerja keras dan berdoa tentunya harus di imbangi dengan pelaksanaan kerja yang tertata dengan baik, intinya adalah bagaimana kita mengelola usaha tersebut. Hal paling prinsip yang terkadang sering kita abaikan dan ini sebuah hal yang mendasar adalah bagaimana kita mengelola keuangan dari kegiatan usaha tersebut.

Agar keberhasilan yang kita dapatkan dan bukan kegagalan yang kita peroleh ada beberapa hal yang harus kita sikapi dan lakukan, dan pada tulisan ini akan coba disampaikan bagaimana mengelola keuangan bisnis tersebut agar dapat mencapai sukses dalam berbisnis.

  1. Catat dengan rinci semua yang berkaitan dengan keluar masuknya uang usaha. Jelas dengan waktunya dan dipergunakan untuk apa, sehingga akan jelas juga ketermanfaatan uang tersebut untuk keperluan usaha atau kepentingan pribadi. Sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan itu sehingga ada pemilahan uang usaha dan uang pribadi.
  2. Hindari keuntungan semu, tanpa kita sadari terkadang kita sudah puas dan bangga terhadap keuntungan yang kita peroleh dalam ber-usaha padahal jika kita hitung dengan benar belum tentu itu adalah sebuah keuntungan nyata dari usaha kita. Pernahkah kita memperhitungkan biaya-biaya yang kita keluarkan ketika mendapatkan bahan baku/barang dagangan kita. Ada satu contoh kasus sebagai berikut : Pak Fulan membeli daging dan bahan baku lainnya untuk bahan baku bakso-nya menghabiskan uang Rp. 500.000,00 yang diasumsikan jadi 100 porsi keuntungan yang diharapkan 20% jadi harga jual baks0nya adalah Rp. 6.000,00 per porsi; padahal ketika dari rumah ke pasar pulang pergi pak Fulan menggunakan sepeda motor diperkirakan menghabiskan bensin Rp. 10.000,00;á untuk kegiatan produksi sehingga siap di jual memerlukan biaya lain seperti gas, listrik dan air diperkirakan habis Rp.á 40.000,00 sekali produksi,; Jadi sebenarnya biaya yang dikeluarkan Pak Fulan untuk baksonya adalah Rp. 550.000,00 dan bukan Rp. 500.000,00,; sehingga harga jual bakso per porsinya adalah Rp. 6.600,00 diperoleh dari Total Biaya yang dikeluarkan Rp. 550.000,00 di tambah dengan keuntungan yang diharapkan sebesar Rp. 110.000 (20% dari Rp. 550.000,00); Sehingga p. 550.000,00 + Rp. 110.000,00 = Rp. 660.000,00 dibagi dengan 100 porsi diperoleh hasil Rp. 6.600,00 dan ini adalah harga jual bakso nya, yang dimaksudkan keuntungan semua adalah Rp. 600.000,00 – Rp. 500.000,00 = Rp. 100.000,00, karena belum memasukkan pengeluaran-pengeluaran selain untuk mendapatkan bahan baku padahal itu merupakan bisaya untuk memproduksinya. Namun jika dengan Rp. 660.000,00 – Rp. 550.000,00 = Rp. 110.000,00 ini adalah keuntungan riil karena kita sudah memasukkan semua biaya yang telah kita keluarkan.
  3. Hargai diri kita sendiri, perlu kita sadari dan pahami adalah kita melaksanakan usaha tentunya mengeluarkan tenaga dan pikiran, agar modal yang kita tanamkan tidak terganggu oleh kepentingan-kepentingan pribadi di luar kepentingan usaha, semisal membeli kebutuhan pribadi sehari-hari, maka hargai diri kita dengan kita menggaji diri kita sendiri. Sehingga dengan demikian untuk kepentingan sendiri dan pribadi kita tidak akan menggunakan uang atau modal usaha kita.
  4. Ambil uang usaha anggap sebagai hutang, meskipun usaha tersebut adalah kegiatan kita dan yang menanamkan modal adalah kita namun jangan semena-mena menggunakan uang hasil dari kegiatan usaha tersebut, jika kita ambil uang dari usaha tersebut selain gaji (seperti diatas), maka kita anggap itu adalah hutang, sehingga kapanpun kita harus mengembalikannya.
  5. Buat catatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan terhadap perputaran uang usaha kita, hal ini perlu dan sangat penting, karena bawaan manusia itu pelupa jangan sampai disatu saat tertentu kita disibukkan dengan mengingat kemana uang usaha kita.

Mungkin lima hal tips sederhana tersebut dapat kita lakukan secara perlahan demi keberhasilan bisnis kita, terkesan sedikit rumit dan membutuhkan waktu, namun jika hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan, maka akan menjadi ringan dan tentunya usaha kita dapat kita ketahui perkembangan keuangannya secara lebih rinci dan detail. Dan tentunya hal tersebut akan sangat membantu kita dalam mengambil keputusan dan kebijakan terhadap kegiatan usaha kita. Dari awal jika memang kita lakukan dengan manajemen yang baik, maka ketika usaha itu semakin maju dan berkembang maka pengelolaannya akan cenderung lebih mudah dan ringan. Demikian terima kasih semoga bermanfaat.

2 comments for “Tips Sederhana Mengelola Keuangan Agar Bisnis Sukses …??

  1. 7 May 2019 at 16:50

    Sangat bermanfaat. Dikemas dengan bahasa sederhana namun mudah dipahami. Terima kasih atas ilmunya…

    • admin
      23 May 2019 at 14:19

      sama – sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *