Bisnis

Tips Menggapai Mimpi Agar Berhasil Dalam Wirausaha

Wirausaha, wiraswasta menjadi sebuah pilihan untuk meng-ekspresikan diri untuk mencapai kesuksesan saat ini, setidaknya sedikit banyak sudah ada pergeseran berpikir dari kalangan muda, bahwa sudah saatnya kita menjadi Bos bagi diri sendiri, tidak melulu menjadi karyawan, karena jika tujuannya ingin kaya keputusan menjadi karyawan akan menghambat proses itu sendiri. Maka ber-wiraswasta-lah jika ingin cepat kaya, Namun terkadang bayang-bayang kegagalan menghantui seseorang dalam usaha untuk berwirausaha tersebut. Kegagalan adalah bagian dari sebuah kesuksesan ini yang terkadang belum sepenuhnya kita pahami bersama, karena tanpa merasakan kegagalan kita tidak bisa merasakan kesuksesan. Dan tentunya sebuah kegagalan dalam berwirausaha dapat diminimalisir dan di tekan bahkan di balik menjadi sebuah kesuksesan, jika kita mampu mengatasi dan berani mengaplikasikan hal-hal berikut ini :

Penyebab banyaknya wirausaha pemula yang mengalami kegagalan, diantaranya karena faktor-faktor berikut ini :

  1. Keputusan yang terburu-buru dalam memulai usaha (ketika kita memutuskan untuk berusaha dibidang apa, kita tidak memiliki sebuah konsep dan jelas dan baik, karena kebanyakan hanya ikut-ikutan saja, tentunya harus dilakukan survey lapangan dulu sebelum memutuskan untuk mengawali usaha tersebut).
  2. Perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tidak baik atau tidak tertib administrasi (terlalu meremehkan hasil yang diperolah dan tidak mencoba membuat catatan yang baik untuk arus kas dan keuangannya)
  3. Pemilihan Lokasi usaha yang kurang strategis (kurang mempertimbangkan aspek ekonomis maupun aspek teknis).
  4. Kurang dapat menghargai diri sendiri (terkadang karena kita merasa usaha ini adalah milik kita, kita tidak berusaha untuk menghargai diri kita sendiri dengan cara menganggarkan Gaji untuk kita sendiri, karena jika tidak pada akhirnya kebutuhan pribadi dan usaha akan berbaur menjadi satu lambat laun uang usaha habis untuk keperluan pribadi).
  5. Merasa mampu sehingga kurang dapat menjalin kerjasama atau kemitraan (mereka menganggap tidak perlu kerjasama dan tidak ingin rahasia usaha diketahui pihak lain).
  6. Tidak/Kurang ber-inovasi dan tidak mau belajar (jiwa entrepreneur akan selalu tidak puas dengan hasil yang diperolehnya, sehingga akan terus mencoba hal-hal baru untuk mendapatkan sesuatu peluang yang baru pula).
  7. Tidak Jujur (hal ini terjadi ketika pengelolaan usaha tidak dijalankan dengan dasar kejujuran karena sekali menyimpang dari konsep yang telah ditetapkan, maka langkah berikutnya adalah menyajikan kebohongan dalam berusaha)

Itulah beberapa dari sekian banyak penyebab kegagalan dalam berusaha, sehingga kita harus mampu menghindari beberapa hal tersebut diatas, untuk dapat mencapai keberhasilan dalam menjalankan usaha yang paling penting adalah TIDAK TAKUT GAGAL DAN BERANI MENGHADAPI RESIKO, Apakah Anda selalu menganggap diri sendiri sebagai seorang pecundang ? Cara mengatasinya, belajarlah menjadi pemenang seperti impian Anda. Jika Anda punya kekuatan untuk menang, Anda dapat mencapai karir dalam tujuan berusaha  dan mimpi-mimpi Anda selama ini.  Berikut tipsnya :

  1. Kekuatan untuk menang berasal dari pikiran Anda sendiri, Teddy Roosevelt, mantan presiden AS, berujar, “Seluruh sumber daya yang kita perlukan ada dipikiran.” Anda telah memiliki segala yang diperlukan untuk jadi seorang pemenang.
  2. Yakinlah pada diri Anda Tanpa kegagalan, Anda harus yakin bahwa Anda dapat mencapai tujuan dalam hidup ini. Jika tak yakin memilikinya, maka Anda tidak akan mencapainya.
  3. Ketahuilah sesuatu yang membuat Anda bahagia Jika Anda adalah orang yang senang berada di tengah orang banyak sementara Anda bekerja di sebuah gudang penyimpanan, silahkan Anda memikirkan kembali pilihan karir Anda.
  4. Evaluasi talenta Anda dengan jujur Jika Anda tidak tahu kekuatan dan hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan, Anda mungkin saja salah menilai pekerjaan yang tepat untuk Anda. Mungkin saja Anda yakin memiliki kemampuan untuk melayani konsumen dengan baik, tapi bos dan mitra kerja menilai Anda butuh berlatih lagi.
  5. Jangan biarkan latar belakang menentukan masa depan Anda,  Jika pengalaman kerja Anda tidak terlalu mulus, jangan biarkan hal ini mempengaruhi prospek karir Anda. Bila Anda telah memiliki tujuan, fokuslah pada hal ini. Jangan terpaku pada sindroma “saya ini orang malang” jika tidak berhasil mencapai sukses.
  6. Ikuti teknik visualisasi cepat ini : gambarkan diri Anda tengah berlari dengan  tim sepak bola Bayangkan gawang adalah tujuan karir atau keinginan pribadi Anda.  Bayangkan pula diri Anda yang berhasil menggolkan bola ke gawang lawan.

Kekuatan untuk menang adalah di tangan Anda, tidak ada seorang pun yang dapat menyerahkan kesuksesan itu pada Anda. Andalah yang harus mewujudkan itu. Melakukan sesuatu adalah satu- satunya cara untuk mencapai tujuan. Demikian semoga bermanfaat dan dijadikan sebuah langkah dalam memulai sebuah usaha.

Disarikan dari berbagai sumber.

Similar Posts

8 thoughts on “Tips Menggapai Mimpi Agar Berhasil Dalam Wirausaha
  1. terimakasih sob sangat menginspirasi. kadang wirausaha pemula memang selalu di takuti oleh perasaan gagal….

    salam

    1. sekedar berbagi informasi tentagn kewirusahaan.. semoga saja bisa memberikan manfaat… terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.