Berdedikasi, Agar Hidup Lebih Berarti

Sebuah kata sederhana namun memiliki makna yang luar biasa, tidak perlu lagi mempertanyakan seberapa besar pengorbanan yang diberikan jika seseorang telah mendedikasikan dirinya pada orang lain. Sebuah ungkapan yang di sampikan oleh Rene Descater seorang filsuf modern dari Perancis Cogito Ergo Sum yang artinya “aku berpikir maka aku ada”, Dedikasi tidak sekedar berpikir kita ada, Dedikasi lebih mendalam lagi karena orang yang berdedikasi memiliki makna “saya melayani, maka saya ada“.  

Dedikasi adalah sebuah pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha yang mempunyai tujuan yang mulia, dedikasi ini bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita yg luhur dan diperlukan adanya sebuah keyakinan yang teguh.  Untuk bisa benar – benar bisa mendedikasikan diri kita diperlukan sebuah keberanian dan keikhlasan yang luar biasa, karena ketika kita sudah memutuskan untuk berdedikasi pada sebuah bidang tertentu harus benar-benar total tidak sekedar tenaga dan pikiran karena bisa saja harta benda kita akan diberikan untuk mendukung keberhasilan dari tujuan tersebut.

Akan tetapi yang perlu di pahami dan dimengerti bawah dedikasi tidak akan bisa mencapai hasil yang positif tanpa sebuah “KOMITMEN”, dedikasi tanpa komitmen ibarat ada kendaraan tanpa bensin sehingga hanya akan menjadi sebuah tumpukan arsip konsep tanpa jelas arah tujuannya mau kemana. Dedikasi akan berarti dan akan membuahkan hasil saat diimbangi dengan komitmen yang jelas dan pasti. Saat diperoleh orang-orang yang berdedikasi tinggi dalam sebuah aktifitas, maka segeralah buat komitmen bersama, agar apa yang menjadi harapan dan tujuan bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang telah diharapkan.

Agar kita mampu dan sanggup menjadi seseorang yang berdedikasi tinggi, maka beberapa syarat yang harus dimiliki, antara lain :

  1. Mampu melayani, sebenarnya kita sebagai manusia pada dasarnya adalah pelayanan bagi manusia lainnya, jika setiap manusia mampu dan bisa berpikir bahwa kita selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita, maka konsep manusia sebagai pelayan manusia lainnya akan menciptakan sifat tolong menolong diantara sesama manusia.
  2. Loyalitas, saat kita sudah memutuskan untuk mengambil keputusan terhadap apa yang akan kita lakukan, maka tentu kita harus memiliki loyalitas terhadap apa yang telah menjadi keputusan kita.
  3. Keberanian; tanpa sebuah keberanian untuk bertindak dalam menghadapi resiko – resiko dari keputusan dan tindakan kita, maka hanya akan menjadi penghambat dalam menggapai tujuan.
  4. Keikhlasan; dari apa yang telah kita lakukan, maka harus bisa ikhlas dengan berusaha untuk tidak berhadap pada pengembalian, karena sebenarnya apa yang telah kita lakukan dengan penuh keikhlasan akan kita dapatkan pengembalian sesuai tingkat keikhlasan kita walau tidak harus pada sebuah garis yang sama dengan apa yang telah kita lakukan, karena ikhlas dan pengembalian adalah sebuah misteri yang hanya Allah Yang Tahu.

Semoga kita selalu menjadi manusia yang berdedikasi sehingga kita benar – benar berarti sebagai manusia yang terlahir didunia, jadilah manusia hidup yang berarti bagi manusia lainnya, agar hidupmu berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *