Anda Memiliki Balita Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Terpupuk Kemampuan Dasar-nya

Keluarga merupakan tempat yang tepat bagi Balita dalam menerima pendidikan paling awal. Karena lingkungan keluarga ini Balita menghabiskan waktunya. Anak seusia ini komunikasinya masih doniman dengan keluarga. Menurut penelitan disebutkan bahwa pertumbuhan anak dimasa Balita merupakan pondasi bagi perkembangannya dimasa mendatang, maka disinilah peran keluarga dalam membangun dan menumbuh kembangkan kepribadian dan perkembangan jiwa anak.á Perkembangan manusia itu ternyata memiliki pola. yang dimaksud adalah setiap perkembangan tertentu memiliki ciri dan perbedaan setiap masanya, Menurut Erickson, Manusia membutuhkan kemampuan dasar yang akan bermanfaat dalam menghadapi masalah dalam kehidupannya kelak, Dan jika kemampuan dasar tersebut dapat diberikan pada anak dimasa Balita dengan baik, kemampuan tersebut akan menjadi pegangan dan senjata yang ampuh dalam menghadapi masalah dan yang akan dihadapi dalam kehidupan pada nantinya.

Kemampuan dasar yang harus dipupuk pada masa Balita tersebut adalah :

  1. The Sense of Trust (rasa percaya diri); Yaitu kemampuan percaya terhadap orang lain, diri sendiri dan percaya bahwa hidup itu pada hakekatnya baik. Periode ini pada bulan-bulan awal setelah lahir. Dengan memberikan kasih sayang (ayah dan ibu) dan memposisikan anak menjadi bagian dari keluarga secara utuh. Yang paling berperan adalah ibu, bukan berarti peran ayah tidak ada, karena dengan memberikan ASI terjadi hubungan yang lebih dibandingkan sosok ayah.
  2. The Sense of Autonomy (kebebasan dan menentukan); Periode ini berjalan antara umur 12 – 15 bulan. Pada periode ini orang tua memberikan kebebasan anak dalam memilih meskipun tetap didampingi orang tua, dengan menumbuhkan kemandirian pada anak, jangan dibuat malu, dihina, dilecehkan, dimarahi, tidak dihargai, maka anggap anak sebagai makhluk yang mandiri dan dihormati.
  3. The Sense of Initiative (inisiatif); Membentuk kemampuan inisiatif anak, dengan mencoba memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak. Pada masa ini disaat anak berusia 4 – 5 tahun, jangan mengkritik anak tanpa alasan dan jalan keluar, lebih utama berikan motivasi pada anak untuk yang lebih baik lagi.
  4. The Sense of Accomplishment (menyelesaikan tugas); Pada periode ini berlaku bagi anak usia 6 – 12 tahun, bagaimana anak dapat menyelesaikan tugas baik tugas sekolah atau tugas dirumah, dan peran orang tua adalah dengan membantu dan membimbing anak dengan penuh kesabarang dan perhatian penuh. Sehingga anak akan merasa tidak terbebani dan dengan senang hati melaksanakan setiap pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

Sebagai orang tua kita selalu berharap anak akan menjadi orang yang baik pada nantinya, berbakti pada orang tua dan berguna bagi nusa bangsa dan agama, dan itu semua tentunay diawali dari keluarga dan pendidikan orang tua yang diberikan pada anak, akhirnya selamat mencoba.

2 comments for “Anda Memiliki Balita Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Terpupuk Kemampuan Dasar-nya

  1. 28 January 2011 at 13:36

    haduh adek bayinya lucu, waktu saya kecil dulu juga lucu kek gitu hahaha

    • admin
      28 January 2011 at 15:12

      Ach.. si Om.. bisa aja.. masih lucu-an aku Om.. (itu kata anak-ku .. Doel..)… wkwkwkwkkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *