Sempurnanya Kebahagiaan Dengan Bersyukur..

Wajar jika kita dalam kehidupan ini selalu berharap untuk mendapatkan kebahagiaan, hanya bagaimana mendapatkan kebahagiaan itulah yang begitu sulit dan perlu belajar untuk memahami setiap sudut dalam peri kehidupan kita. Dan jika kita menyadari dan memahami ternyata sebuah kebahagiaan hidup itu kuncinya hanya satu yaitu : BERSYUKUR.áá Saya dapatkan sebuah mailing list dari seorang rekan yang bunyi-nya begini Something to share, take a moment to read….it should make you smile as deep in your heart you know that is how we should live our life, sebuah rangkaian kata yang begitu dalam makna-nya. Dan dalam menjalani kehidupan ini jika pada setiap pribadi seseorang bisa menanamkan pemahaman bahwa Saya tidak selalu memperoleh apa yang aku suka dan cinta, namun saya selalu berusaha untuk menyukai dan mencintai apa yang saya peroleh dan miliki, oh.. betapa indah-nya kehidupan ini.

Karena ungkapan diatas merupakan manifestasi terhadap rasa syukur kita. Rasa syukur merupakan kualitas hati yang sangat penting. Karena dengan bersyukur pada diri kita akan selalu dipenuhi dengan ke-damai-an, ke-tentram-an dan ke-bahagia-an. Dan Sebaliknya, jika tidak pernah bersyukur, maka kita akan selalu merasa terbebani, selalu kurang dan jauh dari kebahagiaan.

Lalu muncul pertanyaan mengapa kita sulit untuk bersyukur, setidaknya ada dua hal mendasar sehingga kita sulit untuk bersyukur, yaitu :

Satu, Dalam kehidupan ini kita terlalu fokus pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki. Rasa tidak puas dalam diri kita-lah penyebab-nya, dalam otak kita hanya dipenuhi dengan ke-inginan, ke-mauan dan harapan, terobsesi untuk menjadi yang ter- atau paling. Disaat kita sudah memiliki pekerjaan tetap, isteri cantik, kendaraan dan rumah yang sederhana, adakala-nya kita berharap lebih, yang tentunya hal ini harus didasarkan pada kemampuan dan potensi yang kita miliki. Dan jika obsesi itu belum terpenuhi kita akan terus memikirkannya.

Lalu apakah jika kita mampu meraih semua ke-ingin-an itu akan mendapatkan kebahagiaan yang abadi, jawab-nya adalah TIDAK SAMA SEKALI, hal ini dipicu karena kita tidak pernah merasa puas, kita ingin yang lebih lagi. karena betapapun banyaknya harta yang kita miliki, kita tak pernah menjadi ‘KAYA’ dalam arti yang sesungguhnya. Orang yang ‘kaya’ bukanlah orang yang memiliki banyak hal, tetapi orang kaya adalah orang yang dapat menikmati apapun yang mereka miliki. Tentunya boleh-boleh saja kita memiliki keinginan, tapi Kita perlu menyadari bahwa berbagai keinginan inilah yang menjadi akar perasaan tidak tentram. Kita dapat mengubah perasaan kurang berkecukupan ini dengan berfokus pada apa yang sudah kita miliki. Jangan terlalu sering melihat ke-atas tapi usahakan untuk selalu melihat ke-bawah.

Kedua, kecenderungan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Perasaan kita mengatakan bahwa si A lebih beruntung, Si B lebih cantik dan si C lebih Kaya, sehingga kemanapun dan dimanapun kita berada selalu ada orang yang lebih pandai, lebih tampan, lebih cantik, lebih percaya diri, dan lebih kaya dari kita.

Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri. Hidup kita akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi. Maka marilah kita berusaha untuk selalu bersyukur

  1. Bersyukurlah bila kamu belum memiliki segala sesuatu yang kamu inginkan. Seandainya sudah, apalagi yang harus diinginkan?
  2. Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu tentang sesuatu Karena itu memberimu kesempatan untuk belajar.
    Bersyukurlah untuk masa-masa yang sulit. Di masa itulah kamu tumbuh.
  3. Bersyukurlah untuk keterbatasanmu, karena itu memberimu kesempatan untuk berkembang.
  4. Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru, karena itu akan membangun kekuatan dan karaktermu.
  5. Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat, itu memberi pelajaran yang berharga.

Mungkin mudah untuk Kita bersyukur ketika mengalami hal-hal baik. Namun, hidup yang berkelimpahan justru datang pada mereka yang tetap dapat bersyukur pada masa masa yang sulit. Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif .. Karena itu, temukan cara bersyukur ketika menghadapi permasalahan, maka semua itu akan menjadi berkah dan barokah bagi-mu..

Demikian tulisan ini yang saya rangkum dari berbagai sumber, terima kasih dan semoga bermanfaat.

2 comments for “Sempurnanya Kebahagiaan Dengan Bersyukur..

  1. 24 January 2010 at 19:08

    nice share…

    • admin
      27 January 2010 at 16:01

      terima kasih mas.. atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.