Filosofi Hidup Keluarga

Ingin Damai Dalam Hidup Kenali Diri Sendiri

Siapa yang tidak ingin kehidupannya berjalan dengan  damai dan tentram; semua orang pati mendambakannya, dan ternyata untuk bisa memasuki sebuah kehidupan yang damai dan tentram tersebut kita butuh dan perlu  KUNCI-nya. Karena ternyata kedamaian dan ketrentraman dalam hidup bukan terletak pada kecantikan dan ketampanan paras kita; banyaknya harta kita, tingginya jabatan kita; namun terletak pada Sejauhmana Kita Mengenal Diri Kita Sendiri.

Hal ini dikarenakan, jika kita mampu mengenal diri sendiri maka kita tidak akan  LUPA DIRI dan HILANG KENDALI. Jika kita selalu sadar dan bisa mengendalikan diri maka kita akan mampu memahami bahwa tingginya jabatan, kemewahan dalam hidupan dan kecantikan atau ketampanan paras yang melekat pada diri tidak akan abadi. Dan untuk bisa menyadari hal itu terkadang kita merasa sulit, agar lebih mudah menuju proses kesadaran itu maka marilah kita mencoba untuk selalu :

Berdoa (baca bersyukur)

Nikmati sebuah ke-sunyi-an sesekali, jangang terus berada pada hingar bingar kehidupan, untuk sekedar merenung dan memahami apa yang sudah kita lakukan dan peroleh, setelah itu bersyukur-lah akan apa yang telah diperoleh dan perbuat, untuk bisa bercermin apa yang sebenarnya telah kita lakukan dan miliki agar bisa berbuat lebih baik lagi. Dan tidak lagi mengulangi keselahan

Memahami Keberadaan dan Keadaan Diri

Kita coba untuk menjalani apa yang ada sekarang ini, tidak usah menengok masa lalu dan jangan terlalu memikirkan apa yang akan terjadi dimasa mendatang, akan lebih baik dan bijaksana jika kita mencoba ikhlas tentang apa yang kita peroleh saat ini dengan berusaha untuk lebih baik dari masa lalu dan mempersiapkan diri menyonsong masa depan. Dan kita upayakan untuk berucap terima kasih pada tubuh ini yang telah berbagi dengan pikiran, sehingga kita akan makin mengerti akan makna dan keberadaan diri kita untuk lebih berarti bagi kehidupan.

Mengerti dan Memahami Lingkungan

Kita nikmati apa yang ada dan kita lihat serta rasakan, mencobalah untuk tersenyum pada mentari, tertawa pada pagi, siang, malam dan rembulan serta bercandalah dengan angin, awan, langit serta semua isi bumi ini, karena dengan kemampuan kita dalam memahami lingkungan sekitar kita akan merasa menjadi bagiannya, yang pada akhirnya akan kita memperoleh sebuah ke-ikhlas-an dan ke-pasrah-an dalam setiap gerak langkah kita.; sehingga kita tidak akan egois pada diri sendiri ataupun orang lain.

Jangan Selalu Menyalahkan

Terkadang kita tanpa sadar selalu menyalahkan diri sendiri, teman, kerabat, orang tua, saudara kandung, bahkan anak; dengan mencoba untuk memaafkan dan berusaha untuk memperbaiki kesalahan itu, maka kita akan mendapatkan ketentraman jiwa dan kedamaian hati, sehingga dalam menapaki kehidupan akan terasa ringan.

Puaskan Diri Anda

Rasa puas itu relatif dan manusia adalah makhluk Tuhan yang tidak akan pernah merasa puas, maka tentukan titik kepuasan anda dalam setiap tindakan dan perbuatan, dengan demikian kita tidak akan merasa terbebani dalam hidup; dan untuk memuaskan diri itu yang terpenting adalah tubuh kita terpenuhi akan nutrisi, selalu gembira, dan sehat.

Ulurkan Tangan Anda

Selagi kita bisa dan mampu maka dengan membantu orang lain dan memberi tanpa harapkan sebuah pengembalian, maka suatu saat kita akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan satu catatan semua itu dilakukan atas dasar sebuah keikhlasan. Dan yang paling penting adalah buang jauh-jauh prasangka buruk terhadap apapun dan siapapun.

Cinta dan Kasih

Penuhi kehidupan anda dengan lautan kasih sayang dan gelombang cinta yang tiada henti; karena dengan demikian kehidupan ini akan terasa indah sehingga kita bisa menikmati hidup dan bukan merupakan beban.

Jadi untuk bisa mendapatkan Kunci Kedamaian dan Ketrentraman dalam Kehidupan minimal kita melaksanakan ketujuh hal diatas, dengan melaksanakan tujuh hal diatas, maka kita akan tahu diri kita sendiri, karena untuk menjadi orang yang TAHU DIRI itu sulit.

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Similar Posts

2 thoughts on “Ingin Damai Dalam Hidup Kenali Diri Sendiri
  1. Lisa Livingers

    Hallo and greetings also know, thanks for visiting and your blog is good too pleased to get acquainted with interesting information about your

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.