Wanita Akan Selalu Menjadi Obyek Yang Menarik Untuk Dibahas

imagesWanita …., Perempuan adalah makhluk Tuhan yang selalu menarik untuk dibahas, dari sisi manapun dan dari sisi apapun, tidak akan habis bahan untuk membahasa tentang satu sosok ciptaan Tuhan yang satu ini, pada tulisan sebelumnya, pernah saya bahas tentang betapa lembutnya wanita, betapa halusnya perasaan wanita dan betapa perkasa-nya wanita silakan kulik disini. Karena begitu berharganya Wanita bahkan Pilar Sebuah Rumah Tangga, Pilar Sebuah Negara adalah dari Wanita-nya, kehancuran sebuah rumah tangga bahkan negara dipengaruhi oleh wanita yang ada di dalamnya, hal ini tidak berarti mendiskritkan WANITA, justru karena begitu berharga dan pentingnya wanita bagi sebuah kehidupan. Karena sukses seorang lelaki ada sosok perempuan di belakangnya. Namun masih banyak juga yang secara langsung atau tidak langsung memandang wanita dengan sebelah mata, bahkan terkadang cenderung meremehkannya, dan hal ini bisa saja terjadi karena dua hal; kurang dapatnya kita memahami dan menghargai perempuan atau bahkan si “perempuan”-nya yang memang tidak bisa untuk dipahami dan di hargai. Dalam konteks budaya jawa, memandang dan memahami sosok perempuan begitu indah, begitu romantis; terkadang ada yang menyebut dengan Wedok, Wanita, Estri .. dimana ketiga sebutan tersebut memiliki tempat yang berbeda peruntukan yang berbeda dan ada makna yang berbeda pula, sebuah khasanah budaya jawa yang begitu menghargai sosok wanita, saya mencoba untuk bisa memahami dan memaknai dari sebutan-sebutan tersebut satu persatu.

Watak watuk e tansah nengsemake

Anggungah rasa mring asih lan tresna

Dunung-e nikmat donya lan akhirat

Oleh nyawang ora gampang nyanding

Nalika durung isa ngerah atine

Jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia ungkapan WADONá tersebut adalah sebagai berikut :

memiliki tingkah laku yang selalu menarik hati,

menumbuhkan rasa cinta dan kasih,

tempatnya nikmat dunia dan akherat,

boleh memandang tidak mudah mendekati, ketika belum dapat meraih hatinya.

Warangka tumrap-e kakung
Endahing donya merga anane cinipta
Dunung-e rasa lan pangrasa ing manah
Ora tentrem lan ayem uripira yen ta ora kasanding
Kebak rasa welas lan asih ing sadengah satitah lan sawayah-wayah

Arti dalam bahasa Indonesia untuk sebutan WEDOK bagi perempuan adalah :tutup bagi lelaki-nya (suami) — warangka itu sarung-nya keris; indahnya dunia karena keberadaannya; tempat rasa dalam hati, tidak akan tentram hidup jika tidak bersanding dengannya, penuh rasa cinta dan kasih terhadap siapapun dan dimanapun.

Widodari ing ati jatukramane
Angger mangerteni mrang tataning ngaurip
Netepi darmaning putri nggulawentah mring dwija
Ikhlas ngluru ridho kanthi jembaring rasa asih
Tetesing waspane mengku sewu teges
Amarga alus rasa pangrasane

Untuk memahami arti ungkapan WANITA dalam bahasa Indonesia adalah Bidadari dihati suami, jika mengetahui dan memahami tatanan kehidupan berumah tangga, melaksanakan kewajiban wanita dalam membimbing dan membina anak-anaknya, ikhlas untuk mendapatkan ridho dengan luasnya rasa kasih, tangisnya memendam beribu arti karena begiu halus perasaannya.

Estren (sankerta : pendorong) tumrap jatukramane

Setya marang katresnane sejatine

Tunduk mring kakung-e lan tuladha tumrap dwija-ne ngrungkupi garising agama

Roh tumrap bebrayan agung

Idamaning pria kang nyawiji ing galih;

Sedangkan Estri, dapat di terjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai berikut Estren itu bahasa Sanksekerta yang berarti pendorong, motivator; jadi dapat dikatakan bahwa ia adalah motivator dan penumbuh semangat bagi suami, setia terhadap cinta sejatinya, patuh terhadap suaminya dan menjadi teladan anak-anaknya sesuai dengan ajaran agama, menjadi nyawa atau roh dalam kehidupan berumah tangga, sehingga menjadi idaman bagi lelaki yang merupakan belahan jiwanya.

Memang akan sedikit berbeda dalam memaknai ketika kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia, akan tetapi biar bisa dipahami bersama bahwa memang Wanita itu satu sosok yang luar biasa, baik dari sisi negatif ataupun dari sisi positif, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.