Kuliah

Sukses Belajar Jaminan Masa Depan

Mungkin judul diatas, bisa menjadi satu kebenaran akan tetapi bisa jadi judul diatas adalah isapan jempol belaka, masa depan sukses sudah barang tentu akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan salah satu faktor penentu disini adalah bagaimana kita waktu belajar (baca sekolah), mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga ke jenjang Perguruan Tinggi, pernahkan kita meng-evaluasi hasil belajar kita sendiri ?, pernahkan kita menentukan target ketika kita masih sekolah dulu?. Hal yang jarang bahkan mungkin tidak pernah kita lakukan, sehingga hasil belajar kita tidak bisa optimal. Yang ending-nya dengan hasil belajar yang minim akan menyulitkan kita untuk memperoleh kesempatan kerja yang lebih luas, karena dinegeri ini untuk bisa bekerja ditempat yang nyaman, enak beragam fasilitas akan ditentukan dari nilai-nilai kita sewaktu belajar dulu..??, inilah yang dimaksudkan bahwa Sukses Belajar Adalah Jaminan Masa Depan. Berdasarkan pada hal tersebut, akan kita coba untuk share disini bagaimana trik dan tips belajar yang sukses tersebut.

Perlu kita tahu bahwa setiap manusia memiliki WAKTU yang sama, 12 bulan dalam setahun; 365 hari dalam setahun, 24 jam dalam sehari; 60 menit dalam satu jam, lalu mengapa kita bisa memiliki prestasi yang berbeda satu dengan yang lainnya.??.

Hal ini terjadi karena satu hal, WAKTU yang ada untuk kita tidak di-manage dengan baik, secara tidak sadar kita telah membuang waktu itu dengan percuma, menggunakan waktu dengan tidak maksimal. Padahal waktu adalah sesuatu yang begitu berharga. Setelah kita mampu memanage waktu dengan baik, baca di       3 (Tiga) Kunci Sukses Kuliah. Maka langkah selanjutnya adalah bagaimana kita menentukan pola belajar tentunya setiap orang memiliki cara dan metode belajar yang berbeda-beda, inilah yang akan menentukan prestasi belajar kita. Terkadang ada yang bisa memahami materi hanya dengan mendengar saja, tidak sedikit yang memerlukan kemandirian untuk mencoba soal dan latihan, namun disisi lain ada pula yang mengandalkan daya ingat saja.

Jika anda suka belajar dengan Cara/Konsep Visual (Melihat) , maka perhatikan dan lakukan hal-hal berikut ini :

  1. Gunakan gambar, grafik atau bahkan peta;
  2. Gambarkan (visualkan) bahan belajar dalam benak anda;
  3. Uraikan dengan bahasa anda, materi dan bahan belajar;
  4. Berikan warna, garis atau tanda-tanda khusus pada materi belajar;

Apabila anda suka belajar dengan Cara Auditori (Mendengar), maka hal yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Dengarkan dengan baik penjelasan materi oleh guru/dosen/pemateri dan buat catatan kecil;
  2. Terangkan dengan lisan materi tersebut pada teman; (terangkan kembali dengan bahasa sendiri);
  3. Gunakan nada-nada dan lagu-lagu untuk membantu mengingat materi.

Se-andainya anda menyukai belajar dengan Cara Kinestik (Menulis atau Merangkai), maka hal yang mesti kita perhatikan adalah :

  1. Optimalkan anggota tubuh kita untuk bisa menerima informasi dan saling komunikasikan, telinga, mata tangan dan pikiran (fokus);
  2. Memperbanyak latihan-latihan soal;
  3. Ingat dan tuliskan point-point penting.

Disisi lain terkadang kita suka belajar bareng (kelompok) akan tetapi ada juga yang suka belajar mandiri (sendiri), dan kedua metode belajar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan untuk bisa memperoleh hasil belajar yang maksimal, kita harus bisa menyikapi beberapa hal ketika kita belajar berkelompok dan ketika kita belajar sendiri.

Jika kita ingin belajar berkelompok, maka langkah awal yang harus kita perhatikan adalah :

  1. Pilih dan ajak teman yang cocok dengan kita dan sebaliknya;
  2. Saling share catatan, lihat bandingkan dan lengkapi satu sama lainnya;
  3. Tukar informasi dan metode pengerjaan soal dan bukan hanya jawaban dari soal tersebut;
  4. Ada penjadualan yang jelas kapan dan dimana belajar kelompok dilaksanakan.

Demikian halnya jika kita ingin belajar sendiri, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan, antara lain adalah :

  1. Cari literatur sebanyak mungkin, baik materi maupun contoh soal;
  2. Perlu tempat yang tenang, karena akan lebih konsentrasi jika suasana tenang dan damai;
  3. Ajak rekan, teman untuk berdiskusi setelah kita merasa paham dengan materi; akan lebih baik teman diskusi mereka yang memiliki pemahaman lebih tinggi dari kita.

Dari uraian tersebut diatas, satu hal yang harus benar-benar kita camkan, bahwa BELAJAR ITU BUKAN MEMBACA, TETAPI MEMAHAMI DAN MENGERTI. Dengan demikian membaca hanya salah satu cara kita belajar saja. Sebenarnya belajar yang baik dan benar adalah “dengan melakukan survey (bisa menterjemahkan dengan bahasa kita sendiri akan materi yang kita pelajari, dengan mengumpulkan bahan dari berbagai sumber); dengan membuat beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang kita pelajari, cari jawaban dengan MEMBACA catatan dan literatur yang ada; dengan menceritakan kembali apa yang sudah kita pelajari; dengan membuat catatan-catatan terhadap hasil belajar kita.

Akhrinya semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memotivasi kita untuk dapat belajar lebih baik lagi sehingga kita sudah investasi untuk masa depan, karena ingat bahwa ILMU PENGETAHUAN ADALAH PELITA HIDUP.. terima kasih dan sukses selalu.

Disarikan dari berbagai sumber bacaan:

Steven Covey, The 7 Habits of Highly Effective Teens, Binarupa Akasara, Jkt, 2001.
Dave Ellis, Becoming a Master Student, 10th ed. Houghton Minfflin Company, USA, 2003.
Robert Feldman, Power Learning, 2nd ed, Mc Graw Hiil, USA, 2003.

Similar Posts

2 thoughts on “Sukses Belajar Jaminan Masa Depan
  1. Setuju banget mas, bahwa belajar itu bukan membaca, tapi berusaha MEMAHAMI dan MENGERTI sesuatu. Dan belajar pun bukan sekedar menghafal. Apalah artinya hafalan kalau tidak diimbangi dengan PEMAHAMAN yang baik yach.

    Maju terus deh mas dan posting terus artikel yg bermanfaat di blog ini.

    admin:

    terima kasih mas Juta, smoga ada semangat untuk terus menulis nich… hehe

  2. Pak Yudhis ….

    Membaca tulisan Pak Yudhis ini aku jadi termotivasi kembali untuk bisa menyelesaikan kuliahku ini ….

    Semoga saja tidak terkena D.O ….

    Terimakasih atas semua motivasi disetiap tulisan Pak Yudhis ini …

    Salam 🙂

    Admin

    Amin… smoga, cepat terselesaikan mas.. sukses dech…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.