3 (Tiga) Kunci Sukses Kuliah…!!!

Kita mungkin pernah mendengar peribahasa “gantungkan cinta-citamu setinggi langit”, “kejarlah ilmu sampai ke negeri cina,” atau bahkan peribahasa-peribahasa lain yang itu menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk bisa terus belajar dan belajar. Kesuksesan dalam kehidupan salah satunya dipengaruhi juga oleh kemauan keras dari kita untuk terus belajar dan belajar. Belajar secara formal mulai dari SD hingga SMA merupakan sebuah proses untuk pembentukan jatidiri, yang kemudian akan dilanjutkan di perguruan tinggi sebagai proses mematangkan karakter seseorang. Namun untuk mencapai sebuah kesuksesan tersebut tentunya tidak semudah yang kita bayangkan tanpa disertai oleh keinginan dan usaha keras, nah terkadang dalam menjalankan kewajiban kuliah bagi mahasiswa ada berapa hal yang menjadikan mahasiswa kurang termotivasi semangat belajarnya. Dan ternyata kuliah-pun membutuhkan tips-tips dalam mencapai kesuksesan tersebut

Jika untuk memasuki sebuah rumah tentunya kita membutuhkan kunci, demikian halnya untuk bisa mencapai kesuksesan dalam kuliah juga memerlukan kunci tersebut, dan kunci sukses kuliah antara lain sebagai berikut :

Untuk mencapai kesuksesan dalam kuliah ada beberapa hal yang perlu di-ingat dan di-perhatikan, hal yang paling urgen disini adalah menetapkan tujuan, mengapa dan untuk apa kita kuliah :

  1. Agar bisa menyenangka hati orang tua;
  2. Agar mampu mencari dan mendapatkan banyak uang;
  3. Agar bisa mendapatkan jodoh;
  4. Mungkin sekedar mengisi waktu daripada tidak ada kegiatan dirumah;
  5. Atau memang karena kita ingin mendapatkan tambahan pengetahuan dan mengembangkan ilmu yang kita dapatkan.

Tujuan kuliah disini akan menjadi penting karena akan berkaitan dengan langkah-langkah kita dalam menjalankan perkuliahan sehingga motivasi-nya jelas. Disisi lain, jika kita memahami dan mampu menyikapi bahwa kuliah adalah sebuah INVESTASI BESAR. Jika kita sadari itu maka kita tidak akan menyia-nyiakan waktu. Fakta dilapangan bahwa lulusan perguruan tinggi itu Cerdas tapi tidak pandai berkomunikasi dan tidak mampu kerjasama dalam team, atau bisa jadi kebalikannya pandai berkomunikasi dan bekerjasama dalam team mampu namun kurang Cerdas dalam bidang ilmu-nya. Jika demikian kunci pertama adalah Seimbang dalam Menjalani kehidupan di Kampus (se-imbang antara kuliah-organisasi-cita2 dengan fun=kebiasaan, kesenangan-pertemanan-keluarga).

Kunci kedua adalah memiliki motivasi belajar yang tinggi, karena musuh utama hal ini adalah RASA MALAS, maka sikapi dengan Tentukan Sasaran Kita Kuliah itu Apa..?? hal ini dapat kita lakukan dengan :

  1. Tentukan dan Evaluasi Target Belajar;
  2. Jangan pernah lari dari tanggungjawab;
  3. Tentukan skala prioritas;
  4. Jangan pernah menunda tugas dan kewajiban.

Adakalanya kita menyadari bahwa kita kuliah ternyata salah jurusan, kesadaran dan anggapan tersebut tidak salah namun tidak selama-nya benar, jika dalam benak kita muncul hal seperti itu sadarilah bahwa “Kuliah kita saat ini adalah sebagai batu loncatan untuk menggapai masa depan dan bukan sebagai Penentu dari masa depan kita tersebut”, karena akan ada rahasia besar dibalik itu semua yang telah disiapkan oleh Allah Sang Penentu Kebijakan Paling Tinggi.

Kunci yang ketiga adalah Manajemen Waktu, ingat-lah bahwa waktu tidak akan pernah mundur apalagi berhenti, maka gunakan dan manfaatkan waktu dengan bijaksana. Maka optimalkan waktu yang kita miliki sebaik mungkin, karena penyesalan akan datang diwaktu yang akan datang dan bukan saat ini atau sebelumnya. Efektifitas dan optimalisasi waktu tersebut dapat kita tentukan sebagai berikut :

  1. Jangan pernah mencoba-coba atau sekedar mengikuti apa kata teman, tentukan sendiri arah tujuan hidup-mu sobat sudah bukan jamannya ikut-ikutan cing, sob, dab, rek.. !!
  2. Manfaatkan waktu menunggu untuk membaca bahan kuliah, catatan atau kegiatan positif lainnya;
  3. Jangan pernah menunda-nunda;
  4. Utamakan yang utama.

Tentunya hal diatas tidak MUTLAK menjadikan kita musti sukses dalam kehidupan, karena tentunya masih ada faktor penentu lainnya, namun minimal dalam menjalani itu semua harus disertai dengan rasa syukur dan ke-ikhlas-an akan apa yang telah dan akan kita peroleh.. tetap dengan usaha keras dan semangat tinggi. Akhirnya selamat mencoba kunci tersebut dan semoga sukses.. amiin…

10 comments for “3 (Tiga) Kunci Sukses Kuliah…!!!

  1. arin
    7 October 2009 at 21:39

    maksi kata2 motivasi nnya=D

    • admin
      12 December 2009 at 07:28

      sama-sama, terima kasih kembali sudah mau berkunjung

  2. Danny Y.
    13 May 2009 at 16:38

    memang, kita semua mempunyai jalan hidup masing-masing. Namun kita sendirilah yang mampu mengarahkannya, bukan orang lain. Selain motivasi dan semangat belajar yang kuat, juga harus dibarengi dengan disiplin diri sendiri dan selalu enerjik dalam beraktifitas. Terima kasih atas saran yang diberikan.

    • admin
      27 September 2012 at 17:57

      setuju … terima kasih sudah mau berkunjung

  3. 2 May 2009 at 22:10

    Berulang kali juga saya berikan kepada murid2 saya, bahwa tidak ada orang bodoh* di dunia ini. Yang ada hanya orang yang mau mencoba dan tidak. Orang yang mencoba berarti orang yang berani. Termasuk berani jika menemui resiko & kegagalan..

    *Secara Fisik Normal

    “”admin””
    perlu disadari bahwa manusia terlahir itu akan dikaruniai dengan kesempurnaan seorang manuasia, tinggal bagaimana manusia mengelola kesempurnaan tersebut, bodoh itu tidak ada yang ada adalah malah, dan kesuksesan tidak akan tercapai jika hanya kemalasan sematas, sukses mas..

  4. mido
    29 April 2009 at 11:29

    yups…
    kemalasan merupakan faktor penghambat kemajuan…
    kita harus pny tujuan setelah kuliah nanti

    keep spirit and fighting

    “”Admin””

    lakukan semua secara bertahap dan kontinue dengan tetap semangat dan tetapkan tujuan secara pasti

  5. p4rd1
    18 April 2009 at 10:54

    apik tenan dab jian kok nggak biyen-biyen nulise wektu sik podo ngangsu kawruh kae,

    “”Admin””
    “lha piye, biyen durung paham je karo opo sing dimaksudke sukses kuwi, lha saiki rodo mudeng ngono kang”, suwun-suwun

  6. 18 April 2009 at 06:57

    Makasih pak Eka masukannya bgus Bgt …..!

    “”Admin”…

    Dengan sebuah ketekunan dan kesabaran semua akan dapat tercapai dengan mudah… yang tentunya disertai dengan doa… makasih

  7. sus
    17 April 2009 at 10:35

    menarik untuk disimak dan dibaca, lanjut terus

    “”Yudishtira””
    terima kasih, smoga bisa bermanfaat

  8. Yudishtira
    13 May 2009 at 20:38

    Yups.. setuju.. jalan hidup sudah ditetapkan.. namun jalan itu masih bisa kita rawat dan perbaiki jika ada yang rusak tidak lantas kita biarkan saja, dengan motivasi semangat tinggi maka akan selalu bermanfaat.. sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *