JNE Trucking, Not Recommended Untuk Kirim Barang Antar Daerah

Banyak pilihan ekspedisi di negeri ini yang mampu memanjakan kita dalam proses pengiriman barang, bahkan layanan top up (barang di ambil ke rumah pun ada), akan tetapi untuk bisa mendapatkan layanan yang memuaskan dalam proses pengiriman barang tentu kita harus pintar – pintar memilih dan menentukan ekspedisi mana yang kita pilih. Karena setiap ekspedisi akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, sebesar dan sehebat apapun ekspedisi itu.

Kebetulan beberapa minggu terakhir ini saya sering menggunakan jasa pengiriman dari berbagai perusahaan jasa pengiriman yang ada, kepuasan dari layanan sebenarnya sederhana, ketepatan waktu kiriman sampai di tempat tujuan dan kiriman dalam kondisi baik tentunya. Rata – rata dari macam ekspedisi yang pernah saya nikmati jasanya, mungkin sampai saat ini satu ekspedisi ini yang paling mengecewakan saya.

Seminggu yang lalu tepatnya tanggal 06 Nopember 2017 ada rekan kirim barang dari Salatiga dengan menggunakan ekspedisi JNE jasa service  JTR (JNE Trucking) berupa jasa pengiriman barang dengan menggunakan Truck Double Ducker karena barang yang dikirim memang berukuran besar dan panjang. Estimasi saya mungkin 4 hari sampai ke Blitar; Namun setelah saya tunggu hingga tulisan ini ditulis tanggal 15 Desember 2017, barang yang saya harapankan belum juga saya terima, awalnya saya mencoba untuk memahami ketentuan yang ada bahwa barang dengan menggunakan jasa ini estimasi pengiriman adalah 2 sampai 7 hari tergantung daerah tujuan (ketentuan JTR Point terakhir). Beberapa kali saya coba untuk tracking pengiriman dengan menggunakan layanan online yang ada tersebut di hasil tracking tersebut barang saya baru akan di kirim menuju agen terdekat dengan lokasi rumah saya (SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION) pada pukul 08:43, karena barang tersebut segera di butuhkan, estimasi perjalanan dari Kota M*L***, ke Kota tempat tinggal saya paling lama 3 jam; maka kurang lebih 4 jam berikutnya saya berinisiatif untuk ke Agen JNE yang kebetulan di Kota ini ada beberapa agen, saat berada di Agen A ternyata barang saya tidak ada disana, disarankan untuk menuju Agen B saat di check juga tidak ada, dengan santainya si Mbak yang ada di Agen menjawab, “barangnya masih di Kota M*L***, pak”, mungkin baru di kirim nanti malam atau besok pagi-nya.

Jika dikembalikan pada ketentuan yang ada bahwa paling lambat barang sampai di tujuan 7 hari sesuai dengan daerah tujuan, maka saat kita hitung anggap saja barang saya dikirim pada tanggal 7 Desember 2017, (rekan mengirim ke Agen di Salatiga tanggal 06 Desember 2017), berarti waktu maksimal saya terima barang adalah tanggal 13 Desember 2017, tapi kurang tahu juga jika cara menghitung nya adalah tanggal 7 Desember + 7 Hari kerja sehingga menjadi tanggal 14 Desember 2017 barang saya mudah – mudahan sampai di tempat.

Yang menurut saya agak kurang pas adalah Salatiga – Blitar jika ditempuh dengan perjalanan darat paling lambat 10 Jam sampai, dan paket yang dikirim dari Salatiga menuju Blitar bisa menghabiskan waktu 7 hari lebih.  LUAR BIASA JNE. Karena ketika mengamati perjalanan barang saya sungguh luar biasa; sebenarnya bisa dari Salatiga – Solo – Ngajuk – Kediri – Tulungagung – Blitar (sederhana dan cepat), akan tetapi alur pengiriman JNE termasuk rumit dan berbelit, karena barang tersebut harus melewati alur seperti ini :

Tracking Details

No. AWB Services Date Of Shipment Origin Destination
3114254590006 JTR 06-12-2017 21:49 SALATIGA SANANWETAN,BLITAR
Shipper Consignee
HERI KUSWANTO EKA SULISTYANA
JL WONOSARI NO 2 GEDOQ SANANWETAN KOTA BLITAR
History
06-12-2017 21:49 SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [SALATIGA]
06-12-2017 21:54 RECEIVED AT SORTING CENTER [SEMARANG]
06-12-2017 23:54 SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [SEMARANG, MADUKORO]
07-12-2017 23:57 PROCESSED AT SORTING CENTER [SEMARANG]
08-12-2017 05:49 RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY [SEMARANG]
09-12-2017 13:06 DEPARTED FROM TRANSIT [SURABAYA GATEWAY,SGD]
09-12-2017 15:14 RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY [SURABAYA GATEWAY,SGD]
09-12-2017 20:43 RECEIVED AT WAREHOUSE [MALANG]
12-12-2017 08:34 SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [SANANWETAN,BLITAR]

Dan hingga tanggal 15 Desember 2017, barang yang saya tunggu-tunggu tetap belum sampai di tangan saya, makin tidak mengerti dengan prosedur pengiriman dari JNE, apakah yang menjadi kendala dalam hal pengiriman barang ini, apakah saya salah dalam memilih service yang tersedia di Jasa Pengiriman Barang JNE, semoga JNE bisa memberikan klarifikasi ini kepada saya, terkait hal yang telah merugikan client, karena dalam ketentuan dengan menggunakan service JTR barang paling lambat 7 hari sampai di Kota TUJUAN, kenyataannya dari tanggal 06 sampai tanggal 15 Desember 2017 barang belum saya terima.

Dari pengalaman tersebut, hal yang paling tidak menarik adalah karena kelambatan jasa ekspedisi ini menjadikan hubungan pertemanan menjadi sedikit tidak nyaman, he hehe, akan tetapi tidak mengurangi rasa percaya saya dengan dirimu kawan. Dan kesimpulan akhir adalah JANGAN MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI JNE jika antar daerah, Jasa Ekspedisi JNE mungkin pas untuk kota – kota besar saja, dengan jasa layanan seperti ini juga lumayan mahal biaya yang harus di keluarkan. Karena dengan biaya yang lebih murah barang yang dikirim sama dan berangkat dua hari setelahnya tepatnya tanggal 08 Desember 2017 dari pengirim yang sama kota tujuan sama, tanggal 11 Desember 2017 barang sudah saya terima.  Demikian semoga tulisan ini bermanfaat dan sekedar sharing pengalaman saja.

 

2 comments for “JNE Trucking, Not Recommended Untuk Kirim Barang Antar Daerah

  1. roxana reisa
    8 February 2018 at 13:16

    Barang yg 1 dikirim dg ekspedisi apa kalau boleh tahu?

    • admin
      9 February 2018 at 11:41

      … hehheh wahana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *